Kue Subuh Pasar Senen

Di suatu hari Minggu subuh, Bang Wiskul tancep doi punya bajaj dengan satu tujuan. Kemane? Kagak tanggung-tanggung doi ke pasar senen. Kenape subuh”? Ternyate bang wiskul penasaran ame cerita” orang tentang pasar kue nyang aktifitasnye cuman subuh doangan di pasar senen. Jadi kalo subuh” di sudut kota Jakarta laennye masih sepi temaram, kalo di pasar senen entu malah terjadi hiruk pikuk, riuh rendah, hilir mudik, sempat sempit (kalimat terakhir ini … lebay yah).

Kue Subuh Pasar Senen, demikianlah nama tempat itu. Ada juga nyang ngasih julukan Bakeri Rakyat.

salad padang

Gara”nye ada cerita seorang ibu” lulusan teknik kimia di perguruan tinggi top Indonesia, yang mempunyai kedudukan tinggi di suatu perusahaan, akhirnya tertarik di bidang masak-memasak dan keluar dari perusahaannya bekerja. Belajar ke luar negeri untuk mendapatkan sertifikat sebagai chef. Jadi, si ibu tadi yang ahli masakan yang belajar sampai luar negeri bahkan nyebutin pasar kue subuh yang ada di Pasar Senen sebagai Bakeri Rakyat. (ibarat kate, Bread Talk nye rakyat lah….. hehehe).
Ada juga nyang coba nyingkat jadi Pasar Subuh Senen, Kue Pasar Senen Subuh. Asal jangan jadi Senen Pasar Kue Subuh, ato Kue Senen Subuh Pasar…. ato nyang lebih alay lagi, Gue Pengen Bubur Ayam…. (nyambung kagak, jack…??!).

Lokasinye sech persis diseberang Atrium Mall Senen. Rentang waktu jam jualan konon mulainya setelah magrib en bubar lagi seabis jam 10an pagi besokkannye. Tapi sech sebagian kalo udah abis stocknya bisa tutup jam berape ajeh yah. Los atawa kios tempat jualan kue banyak banget en hargenye bersaing, walaupun murah” masih dibolehin nuat nawar”… tapi rata” banyak juga nyang berharga pas.

Pasar nyang menggelar macem” kue entu setelah bang wiskul tanya sana sini ternyate mulai buka jam sembilan malam sampe pukul tiga dinihari ato menjelang subuh, sampe disebut orang pasar kue subuh. Beraneka macam kue basah dan kering ada di pasar subuh ini. Mulai dari kue” khas jajanan pasar hingga berbagai jenis roti-rotian bisa ketemuan disini. Macem-macem jenis cake juga ada, dengan penampilan nyang kagak kalah asoy dari bakeri kelas atas ato jet-set ato high class ato elite (kayak merek laptop yeh…?).
Ada kue lapis Medan, bika Ambon, brownies, tart, putu ayu, roti buaya, bolu kukus, risoles, pastel, combro, lemper, lapis legit, lumpia, salad padang dan baaaaaaanyakk lagi….. ups, bang wiskul sampe bingung sebingung”nye.
Cake ulang tahun ajah bisa ditemuin disini. Sementara pasar kue ini emang kayak pasar tradisional seperti biasanye lhoh, rame en penuh sesak berdesakan para insan manusia dah.

Nyang asyik, kalo udeh selesai bertualang (kayak si bolang, tuh) di pasar subuh ini, perut kita rasenye udah kenyang padet bin senep. Yahh, kenape ye? Karena coba aja bayangin, tiap mampir di satu pedagang kue, kita boleh nyobain nyicipin ngejajal kue nyang dijajakan. Jadi untung khan? Cuman nyobain ajah di tiap kios, perut udah maknyoosss kenyang banget dahhhh…. hehehe.

Kue” disini hargenye macem”, mulai dari Rp 300 per buah sampe nyang puluhan ribu juga ada. Umumnya pembeli di pasar kue Subuh ini adalah pedagang. Pembeli biasa, meski ada tapi jarang. Para pedagang itu memang biasa membeli di Pasar Kue Subuh karena hargenye relatif siy… murah, jadi kalo dijual lagi, keuntungannye cukup pantes ajeh dah. Untuk kue pesta, biasanya kue udah dilengkapi dengan tempat dan hiasan jadi pembeli kagak perlu repot-repot nyusunnye.
Lokasi Pasar Subuh Kue Senen (ada nyang terbalik yah rangkaian kata…?) ini nyang konon udah berdiri sejak tahun 70-an ini ternyata tidak hanya dikenal oleh masyarakat Jakarta saja, banyak pembeli dari luar Jakarta seperti Tangerang, Bogor, Bekasi, Bandung, Serang dan sebagainya menjual atau membeli kue di sini.

Mau kagak mau bang wiskul ketemu ibu” tetanggenye nyang punya kios kue disini. Namanye Tatik Nurohmah, umurnye sebangsa 32 taonan dah. Mpok Tatik pedagang kue kering di lantai 1 Blok C, Pasar Senen. Mpok kita ini nyeritain pengalaman tahun nyang lalu dalam rangke menyambut bulan romadhon tahun 2010 ini, “Wah kalo bulan puasa, mah…. biasenye dalem sehari permintaan kue di toko aye bisa 10 sampe 15 bungkus. Padahal kalo hari biasa, 5 bungkus aje belon tentu kejual.” Mpok Tatik ngaku, omzet jualan kuenye di tokon kalo hari biasa sekitaran Rp 2,5 juta, tapi jangan tanya kalo bulan Ramadhan ini, omzetnya meningkat sekitar Rp 3,5 juta. Ini bisa nambah lagi sekitar 50 persen sekitar seminggu sebelon Lebaran.
“Ramadhan tahun 2009, ngedekatin H-7 sampe H-5 lebaran keuntungan nyang aye dapat bisa kisaran Rp 5 juta-Rp 6 juta,” kate si mpok warga Tebet, Jakarta Selatan ini. Mpok Tatik nyebutin, kue dadar gulung, risoles, lemper, pastel dan beberapa aneka kue lainnya cukup diminati pembeli di bulan romadhon ini.
Untuk jenis kue kering Mpok Tatik biase ngejual Rp 5.000-Rp20.000 per plastik atau per toples. Sementara kue basah jenis risoles, lontong, bolu dijual mulai dari Rp 750-Rp 3.000 per buah. Selaen entu, kue” nyang laris kejual dari jenis kue kering kayak kue salju, kue kacang bulan sabit, kue sisir, nastar, putri salju atau astor. Selaen karena harga murah en rasanye lezat, jenis kue kering cukup awet sampe berapa hari ke depan.

Emang udeh dari sononye barangkali, pamor kue subuh di Pasar Senen, Jakarta Pusat, pade bulan puase terus menunjukkan kepopulerannya sampe top markotop, tip markitip, tos markotos…hahaha. Kenikmatan tiada tara dari rasa en bermacem”nye jenis kue nyang dijual pedagang jadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Situasi entu so pasti ngebuat omzet pedagang mengalami peningkatan kalo dibandingin hari” biasa.
Kang Dadang Hamidin, seorang bapak” nyang dikenalin ame Mpok Tatik, umuran 42 taon, pedagang kue subuh juga ngaku pada bulan ramadhan kali ini omzet jualannye naek. Kalo hari biasa doi cuman bisa ngeraih untung sekitar Rp 2,3 juta, kini keuntungan yang didapatnya bisa mencapai Rp 3 juta. Kang Dadang memprediksi penjualan kue akan terus meningkat sampe deket” Lebaran.
“Mereka beli kue untuk berbuka puasa atau dijual lagi kepada masyarakat yang membutuhkan makanan buat berbuka,” ujar Kang Dadang nyang mukim di Gang Sepatu, Kramat Pulo, Jakarta Pusat ini.

Biasanye kue udah dibuat sehari sebelomnye, jadi disaranin beli sesuai
kebutuhan kita ajeh. Misalnya nech, untuk nyang mau dimakan sampe tengah hari itu juga, sah-sah aja beli yang agak basah, tapi kalo misalnya sampai malam, mendingan beli nyang kering ajah. Contoh harganye, bolu” kecil warna warni isi 60-75 biji Rp. 20 ribuan, jajanan pasar Rp. 22.500,-. Sus dan bolu kukus 400 perak, roti keju enak, 600 perak, bingka ambon Rp. 650,-.

Jadi juga dah Jakarta dijulukin sebagai City That Never Sleeps.

About these ads

5 Tanggapan so far »

  1. 1

    Since the coffeemaker is an automatic using a 24-hour
    clock, it can be pre-programmed to possess freshly ground and brewed coffee ready to the very first one who arrives cup in hand.
    Also, in the event you bought a type made completely out of glass,
    the brewed coffee would not be subjected to other materials,
    that ruin its taste. A minute later you have a very cup of freshly brewed coffee, with just a pod to throw away.

  2. 2

    sdidk said,

    pengen,,,,

  3. 3

    meilyana indriani said,

    Apakah yang dimaksud dengan mengembun?

  4. 4

    Dian Asyrie said,

    andai pasar senen pindah ke medan…


Comment RSS

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: