Ikhlas….

Hari Sabtu pagi yang cerah. Irfan dengan bersiul-siul menutup pager rumehnye dari luar.

courtesy bocciDOTca

Doi mau ke rumah gacoannye di Tebet Barat.
Sementare tetangge Irfan, “daeng” Andi Hasan, manajer muda keturunan Bugis, seperti biasa, udeh rapi ame baju kasual en celane trainingnye berwarne senada abu2 gelap, udeh siap2 sambil nenteng raket tennis dipinggir jalan gang depan rumehnye.
Masih sambil bersiul Irfan mendekati rumeh Andi. Amprokan doi ame Andi en saling bertegur sapa deh. Layaknye orang bertetangge ketemuan.
Irfan (I), “Halo bos…mo kemane nech pagi2 udeh nenteng raket?”
Andi Hasan (A), “Hehehe… Fan, gw mo tanding tennis nech en mo dijemput ame temen tanding gw…”
I, “Naa… kebetulan niy Ndi, gw mo sedikit curhat… entu tuh.. yang pernah gw ceritain ke elu minggu lalu.. ternyate sampe sekarang, karir gw masih mandeg di kantor niy…”
A, “ooh cerita yang entu yah. Gw mo berbagi cerita ama elu. Yaa.. semacam sharing begitu lah”
I, “yoi nech, gw siap dengerin niy…”
A, “begini, Fan… gw mo sharing pengalaman gw sendiri nech.. mungkin berlaku juga buat elu.” Mimik Andi mulai pasang muke serius.
I, “sip bang Andi.. eh daeng Andi niy.. hehe..”
A, “waktu itu, kondisi gw sama persis kayak elu sekarang. Posisi gw dikantor, di perusahaan gw, bertahun-tahun kagak naik-naik.. dari hari ke hari jabatan gw itu-itu ajah. pada masa itu.”
“Timbul pikiran di gw bahwa yang ada cuman 3 pilihan nech. Pilihan pertama, gw milih kerja malas-malasan “emang gw pikirin”… sambil ngobyek cari kerjaan nyambi di perusahaan lain, sebagai kompensasi eksistensi jati diri gw… ato pilihan ke dua, gw ngikut aliran bsh “barisan sakit hati.” jadi frontal ngelawan atasan gw ato bawaannye mengkritisi manajemen di perusahaan gw.”
“Ato pilihan ke tiga, gw kerja yang baik aja, pokoknya i’ll do my best lah.”
Andi melanjutkan, “Sementare, kalo gw noleh kiri kanan ibaratnye, gw bakalan ngiri abis. coba elu bayangin, temen kerja seangkatan gw, seumuran gw, bahkan yang lebih muda dari gw, udeh pada naik smua jabatannye, lebih tinggi dari gw jadinya.”
“Elu bayangin, Fan.. bagaimana sakit hatinya gw. Tapi seudehnye gw cepet2 kontemplasi, tentunye kita tau dunk, Tuhan Maha Mengetahui. Allah Maha Tahu akan hamba-hamba Nya. Jadi, gw ikhlas dah, kerja yang baik ajah deh, artinya gw milih pilihan ke 3. Masa bodoh, provokasi temen2 deket gw di kantor dah, gw cuekin. Gw ikhlas kerja yang bener en baik. Berdoa juga jalan terus siy.”
“tau ga Fan…”
I, “apaan tuh Ndi”
A, “ga berapa lama, gw dipromosiin ke anak perusahaan jadi direktur utama en pangkat atawa jabatan gw naik. Udeh gitu gw independen ngurusin bisnis anak perusahaan itu, sebagai otoritas gw jadi dirut.”
I, “oh gitu Ndi yah”
A, “iya Fan. Hikmahnye bisa kita ambil niy”
“kalau kita bekerja secara ikhlas, sabar, bersungguh-sungguh sambil terus berdoa, rasanya siy, jabatan ato rejeki akan datang dengan sendirinya. Iya engga, Fan”
I, “ho’oh.. ho’oh.. tengkyu banget niy Andi.. sebagai tetangge sekaligus sahabat gw dari kecil bisa mencerahkan gw pagi2 niy. Btw, gw minta maap niy, ada janji ame cewek gw niy pagi…”
A, “hwaa.. kebetulan mobil jemputan temen gw juga udah mulai nongol tuh keliatan diujung gang!”
I, “iye Andi.. terima kasih ya bos”
A, “sama-sama Fan. jangan lupa salam ama cewek elu ya. Ingat, bekerja sungguh2, ikhlas, sabar sambil tetap berdoa. Insya Allah ya.”
I, “so pasti friend!”
A, “yapp.. Assalamualaikum”
I, “wa’alaikum salam, Ndi”
Ikhlas!

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    asrie said,

    mane die nech bang wiskul, wiskulnye atawa wisata kulinernye, kok jadi motivator begene nech. hehehehe… maapin bang ye. salam dari asrie – betawi juga.

  2. 2

    bang samiun said,

    Assalamualaikum Bang Wiskul, salam dari betokaw. Iye Bang, kite kudu ikhlas, ane dukung banget deh. Sampe ketemu yeah.


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

