Farah Quinn Belum Buat Resep Ketoprak Betawi

Farah Quinn (courtessy VivaNews.Com)


Sabtu malam 13 Februari 2010, Bang Wiskul baru pulang dari kerja. Didepan rumahnye, Bang Wiskul ngedenger suara2 cekikikan cewek. Iseng-iseng doi jelalatan ngeliat suasana disekitar gang rumahnye nyang sepi tapi nyari sumber cekikikan entu. Maklum, malam minggu entu pan malam tahun baru sin chia atawa imlek. Tahun baruan warga Cina. Tapi disekitar gang RT-008 ini sedikit warga tionghoa nye. Sekilas Bang Wiskul ngeliat di rumah Pak RT Sutejo ada 3 cewek. Selidik punya selidik, ternyate diteras rumah Pak RT lagi ngobrol si Putri Ayu anaknye Pak RT ame adeknye si Kusuma Ningsih nyang masih ABG pake laptop. Nimbrung juga si Gadis, mahasiswi cantik tetangge mereka nyang nge-kost di rumah Pak Yuliansyah.
Seperti biasenye, Bang Wiskul nge-gerécokin mereka dengan ngedatengin ke rumah Pak RT. ” Assalamualaikum”, sapa Bang Wiskul.
“Waalaikum salam”, Putri, Kusuma ame Gadis ngejawab ampir bersamaan kayak anak TK di Tajur… *hehehe…*
“Lagi pade ngapain nech? Emangnye pade jomblo ye, malem minggu kagak diapelin cowok2nye ape?”, cerocos Bang Wiskul.
Si Gadis nan cantik nge-jawab, “Emangnya Bang Wiskul engga ngeliatin kita apa. Pan kita lagi asyik ngebahas blog kita di internet niy pake laptop ini. Soal jomblo mah, engga usah dipikirin, Bang!”. Gadis sambil kasih liat tampilan internet di layar LCD laptopnye si Putri nyang casingnye warne pink.
“Ho oh begitu ye”, Bang Wiskul asal nyahut sambil matanye perhatiin blognye si Putri dilayar laptop. Trus ngebaca judulnye “Bikin Ketoprak Sama Adikku”.
“Bagaimana Bang tampilan blog saya?”, tanya Putri.”
“Soal tampilan siy udeh bagus dah. Tapi nyang ane lagi perhatiin nech, judul ame isi blog nye Putri nech. Mantap juga lhoh, seinget ane niy, Farah Quinn ajeh belon pernah tayangin resep kuliner tentang ketoprak betawi tuh!”
“Deeuu… Bang Wiskul ingetnya si sexy chef Farah Quinn ajah. Mentang2 idolanya bapak2 yah? Hihihi”, Gadis langsung kasih komentar sambil ketawa.

Farah Quinn (courtessy TransTV)


Singkat cerita Bang Wiskul menyimak tulisan mereka itu di blog http://gadis777.multiply.com kayak begini ringkasannye:Bahan-bahannya tahu putih, bihun, taoge dan ketupat. Kecuali ketupat, masih bisa disiasati diganti lontong. Bahan sausnya adalah kacang tanah, bawang putih, cabe rawit merah dicampur garam dan kecap manis. Sebagai pelengkap, perlu bawang goreng, irisan seledri dan kerupuk merah. Kalo soal kerupuk merah ga usah yang warna merah juga bisa.

Aneka Ketoprak


Tahapannye, 5 buah tahu putih berukuran 6x6x2 cm digoreng setengah matang. Trus diangkat dan ditiriskan, potong-potong aja semau kita.
50 gram bihun direndam di air dingin sampai menjadi lunak, terus ditiriskan.
250 gram taoge disiangi dan dicuci bersih, lalu diseduh dengan air panas. Ga usah lama-lama terus diangkat taogenya.
Lontong disiapkan dengan cara membuatnya dalam kemasan plastik dan direbus. Kalau sudah jadi, lontong dipotong-potong dan ditaruh/ditata pada piring saji besar lonjong. Bubuhkan tahu potongan, bihun yang sudah ditiriskan tadi dan taoge rebus ke piring saji ini.
Pembuatan sausnya, pertama-tama 6 siung bawang putih dan 5 buah cabe rawit merah setelah dihaluskan bersama 1 sdt garam, digoreng sebentar. Tiriskan dan ditaruh di piring lain.
250 gram kacang tanah digoreng terus tiriskan, ditaruh pada piring bawang dan cabe tadi. Semuanya dihaluskan. Lalu masukkan ke piring itu lagi 100 ml air hangat, 1 sdt garam dan kecap manis secukupnya. Diaduk-aduk lagi. Saus ini kemudian ditumpahkan ke lontong di piring saji.
Setelah itu ditaburi lagi dengan bawang goreng, irisan seledri dan kerupuk merah atau kerupuk yang berwarna lain.

Ketoprak Betawi


Horeee… ketoprak telah tersaji. Menu ketoprak ini siap disantap untuk 6 orang. Maknyusss atau engga yah. Hehehe…..🙂
Bisa ajeh niy si Putri nulis di blognye, dalem ati Bang Wiskul berkate. Tapi salut dah buat Putri, Gadis en Kusuma.
Yuk…marreee!

7 Tanggapan so far »

  1. 1

    ketoprak betawi sangat mernggiurkan hampir mirip kalau dibali sih namanya tipat cantok

  2. 2

    Jomblomen Sejati said,

    Chat/sms online lucu konyol 08197827772😀

  3. 3

    Kueh Basah said,

    bang, dari kue basah nech.
    Link tuker http://mhafizh.multiply.com

  4. 4

    Gadis said,

    Weleh-welwh bang wiskul.
    Lam manis dari Gadis.
    http://gadis7.multiply.com

  5. 6

    Putri said,

    Salam dari tetangga bang wiskul niy, putri.
    Exchange link:
    http://gadis777.multiply.com

  6. 7

    andi hasan said,

    Kok ada farah quinn di ketoprak menu niy. Kedoyanan saya tuh, bang. Dua2nya, farah quinn n ketopraknya…hmmm.
    Link saya di
    http://jjm777.multiply.com


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: