Archive for Agustus, 2010

Day 19D – Beras Merah (4) The End

Minggu 29 Agustus 2010, 19 Ramadhan 1431 Hijriyah. Bang Wiskul lagi doyan nulis tentang Beras Merah. Alhasil kolaborasi dari tetanggenye, Gadis/cewek kedokteran en Irfansyah/ahli IT, ngubek” literatur dari si Gadis ame ngebrowse weblog di internet dari Mas Irfan, jadi juga deh. Tulisan ini panjang, dibagi 4 tulisan. Tulisan 4 dari 4 serial :
Menu Melayu India-Nasi Dagang.

courtesy wikipediaDOTorg

Hidangan buat 10 orang. Bahan”: 1 kg beras merah (beras nasi dagang), 250 g (1 cangkir kecil) kelapa parut, 100 g (2/3 mangkok kecil) susu tepung rendah lemak, 100 g (10 ulas) bawang merah dioseng”, 10 g (2 sdm) halia Baca entri selengkapnya »

Comments (2) »

Day 19C – Beras Merah (3)

Minggu 29 Agustus 2010 memasuki hari ke 19 Ramadhan 1431 Hijriyah. Bang Wiskul lagi doyan nulis tentang Beras Merah. Berkat tetangge”nye, Gadis/cewek kedokteran en Irfansyah/ahli IT, tulisan ini jadi. Pake ngubek” literatur si Gadis ame ngebrowse weblog di internet dari Mas Irfan, tulisan jadi panjang, mangkenye dibagi 4 tulisan. Ini seri ke 3 dari 4 serial):

Beras Merah courtesy da-vinaDOTcom

Menurut penelitian yang dilansir dalam jurnal Archives of Internal Medicine edisi 14 Juni itu, gabah memiliki serat dan nutrisi yang tinggi yang dapat memperlambat aliran gula dalam darah Baca entri selengkapnya »

Comments (1) »

Day 19B – Beras Merah (2)

Minggu 29 Agustus 2010, 19 Ramadhan 1431 Hijriyah. Bang Wiskul lagi doyan nulis tentang Beras Merah. Berkat kolaborasi bantuan dari tetangge”, Gadis/cewek kedokteran en Irfansyah/ahli IT. Ngubek” literatur si Gadis ame ngebrowse weblog di internet dari Mas Irfan, jadi dah. Tulisan ini panjang, dibagi 4 tulisan. Ini dia tulisan 2 dari 4 serial:

courtesy trikdietDOTcom

Beras pecah kulit punya kandungan serat tinggi, bagus buat mencegah konstipasi (pencernaan kagak lancar, nyang ini istilah si Gadis aye terjemahin sendiri…hehehe Baca entri selengkapnya »

Comments (1) »

Day 19A – Beras Merah (1)

Minggu 29 Agustus 2010 memasuki hari ke 19 Ramadhan 1431 Hijriyah. Bang Wiskul lagi doyan nulis tentang Beras Merah buat ngisi blognye doi. Alhasil berkat kolaborasi bantuan dari tetanggenye, Gadis nyang mahasiswi kedokteran ame Irfansyah nyang ahli IT, jadi juga entu tulisan. Pake ngubek” literatur dari si Gadis ame ngebrowse weblog di internet dari Mas Irfan, jadi juga deh. Tulisan ini panjang, dibagi 4 tulisan. Ini tulisan 1 dari 4 serial:

Beras Merah courtesy obatdiabetesmelitusDOTnet

Beras Merah Organik namanye. Orang melayu juga nyebutnye beras merah. Ada juga nyang nyebut beras coklat, sebab kulit arinye warna coklat Baca entri selengkapnya »

Comments (1) »

Day 18 – Pra Sahur

Dinihari ini Bang Wiskul bangun kecepetan buat sahur. Secara anak bininye masih pade tidur. Hari ini Sabtu 28 Agustus 2010 pra subuh. Bang wiskul keluar rumah, ke pinggiran gang dimuke rumah doi. Suasane masih sepi. Barusan ajeh Masjid Attahiriyah ngeluarin pengumuman waktunye bangun bagi nyang mau sahur Baca entri selengkapnya »

Comments (10) »

Day 17 – Tausiyah Ustadz

Jum’at 27 Agustus 2010 hari ke 17 Ramadhan malam. Abis terawehan kagak sengaje ngumpul lagi para ‘pejuang’ RT OO8 Kampung Melayu Besar di kawasan Tebet….deeeuu mentang” abis 17an agustus…pejuang dari mana Cing!
Nyang pertama pulang dari Attahiriyah, bang wiskul, masih pake sarung ame pici nye nyang motif Aceh. Pas doi lewatin pos ronda, ada si mamat lagi manyun maen gitar akustik nyang udeh somplak di bagian buletan entu gitar. Naaa… reunion lagi dah kedua makhluk entu. Kagak berape lama Baca entri selengkapnya »

Comments (1) »

Mixed Fruit Juice

Abis terawehan, bang wiskul sempet ngobrol sebentar ame Putri anaknye Pak RT, ditemenin ame Ningsih bininye bang wiskul. Gara”nye nyeritain minuman nyang seger buat buka puasa bikinan sendiri ape” ajeh. Si Putri punya resep minuman seger Mixed Fruit Juice, entu tuh… gabungan wangi strowberi ame jambu biji.
Katanya si Putri rase jus ini istimewa banget….. ibarat martabak… spesial pake telor… nyang VIP dah…!! Perpaduan wangi strowberi ame jambu biji pas banget en nikmat asoy geboy dehhhhh Baca entri selengkapnya »

Comments (11) »

Pasar Romadhon Jl. Soka Rawa Badak Koja

Bang Wiskul abis nganter penumpang bajaj nye sampe ke daerah Tanjung Priok. Secara penumpangnye turun, bang wiskul ngider” sampe Rawa Badak di daerah Koja. Doi pengen banget ngeliat aktifitas pasar romadhon di daerah sono.
Selama bulan ramadhan emang di Jakarta biasa deh tuh menjamur pusat jajanan ringan buat buka puasa. Buat orang nyari takjil. Takjil di Pasar Romadhon. Contohnye ajeh di daerah Koja Jakarta sebelah Utara nech Baca entri selengkapnya »

Comments (1) »

Pasar Romadhon Benhil (2)

Kali ini bang wiskul melakukan titian muhibah nyang ke 2 ke pasar romadhon benhil. Sambil menuju pasar Bendungan Hilir di kawasan Sudirman, bang wiskul coba kontak konco”nye buat ngubek bareng pasar romadhon.

courtesy titopoenyacritaDOTblogspotDOTcom

Sayang seribu sayang… duileh tuh tata bahasa!! Temen”nye pade sibuk narik ngejar setoran bulan puase… hehehe Baca entri selengkapnya »

Comments (1) »

Pasar Romadhon Benhil (1)

Kali ini si abang ‘ganteng’ wiskul hunting pasar romadhon di pasar bendungan hilir atawa biase disingkat benhil. Berlokasi di depan Pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Langsung aja yee, menu andalan di pasar ramadhan ini terdiri dari macem” masakan en makanan. Kalau di prosentase, emang 70% masakan minang ajah tuh.

courtesy2 arsipberitaDOTcom

Masakan minang itu ada Masakan Padang Bopet Mini, Masakan Padang Lubuk Arai, Lamang Tapai Uni Upik, Ketupat Ketan dan Kue Padang Uni Ema, Masakan Padang Sinar Surya, Masakan Padang Ajo, Ikan dan Cumi Bakar ala Baca entri selengkapnya »

Comments (1) »

Day 6 – Pasar Romadhon Jl. Kramat Raya

Senin, 16 Agustus 2010 berarti udeh romadhon hari ke 6 nech. Abang kita nyang ganteng…. deeeuuu… siape lagi kalo bukan Bang Wiskul… ehm!? Doi barusan markir bajajnye ditengah hiruk pikuk hilir mudik ngetan ngulon… hwaduhlah..!! di daerah stasiun gambir. Bulan puase orang” rame silih berganti ada nyang berangkat ada nyang datang di stasiun tengah kota ini.

psr rmdn kramat raya courtesy make-smartDOTblogspotDOTcom

Tapi nyang jadi perhatian bang wiskul sebenernye pojok” kota nyang jadi pasar kaget buat jualan takjil buka puase. Khususnye di daerah pinggir jalan kramat raya nyang Baca entri selengkapnya »

Leave a comment »

Kue Subuh Pasar Senen

Di suatu hari Minggu subuh, Bang Wiskul tancep doi punya bajaj dengan satu tujuan. Kemane? Kagak tanggung-tanggung doi ke pasar senen. Kenape subuh”? Ternyate bang wiskul penasaran ame cerita” orang tentang pasar kue nyang aktifitasnye cuman subuh doangan di pasar senen. Jadi kalo subuh” di sudut kota Jakarta laennye masih sepi temaram, kalo di pasar senen entu malah terjadi hiruk pikuk, riuh rendah, hilir mudik, sempat sempit (kalimat terakhir ini … lebay yah Baca entri selengkapnya »

Comments (5) »

Pasar Ramadhan 2010

Hari Sabtu ini tanggal 14 Agustus 2010 sore menjelang berbuka di daerah Pasar Senen… tepatnye deket stasiun senen. Berarti sekarang udeh hari ke 4 romadhon 2010. Bang Wiskul abis nganter tamunye nyang minta dianter bajajnye ke stasiun senen. Katenye entu penumpang, doi mau ziarah (jelang) ramadhan walau telat ke jawa, tepanye ke brebes jawa tengah.
Ngomong” daerah Senen, bang wiskul jadi ingat pasar subuh senen nyang ngejual segala macem kue dari menu tradisional sampe nyang kue rada modern dengan model jajan pasar dari seluruh nusantara. Apelagi kalo kite ngeliat di bulan ramadhan ini banyak pasar ‘kaget’ nyang ngejual makanan buat buka puasa, dari kue sampe makanan ‘berat’, nyang digelar di banyak tempat di seantero jakarta.
Kalo di pasar subuh senen, ada kue ma’subah dari palembang, ada babongko dari kaltim, bolu pecak dari makassar, ikan papeda dari ambon (nyang ini sech… bukan kue, atuh! Baca entri selengkapnya »

Leave a comment »