Day 19A – Beras Merah (1)

Minggu 29 Agustus 2010 memasuki hari ke 19 Ramadhan 1431 Hijriyah. Bang Wiskul lagi doyan nulis tentang Beras Merah buat ngisi blognye doi. Alhasil berkat kolaborasi bantuan dari tetanggenye, Gadis nyang mahasiswi kedokteran ame Irfansyah nyang ahli IT, jadi juga entu tulisan. Pake ngubek” literatur dari si Gadis ame ngebrowse weblog di internet dari Mas Irfan, jadi juga deh. Tulisan ini panjang, dibagi 4 tulisan. Ini tulisan 1 dari 4 serial:

Beras Merah courtesy obatdiabetesmelitusDOTnet

Beras Merah Organik namanye. Orang melayu juga nyebutnye beras merah. Ada juga nyang nyebut beras coklat, sebab kulit arinye warna coklat.Sebagian orang bilang beras pecah kulit. Sebab beras merah masih punya kulit ari nyang terkelupas, nyang banyak mengandung serat (ada serat sutra, ada serat buah”an…hehe kagak deng!), ame banyak mengandung asam lemak esensial.
Selaen dibahas manfaat, keunggulan en khasiat beras merah, dicontohin juga resep obat”an…eeh..kagak lah! Maksudnye resep masakan pake beras merah nyang gurih sedep reseb manteb itu llhohhh!
Antara laen kayak beberape waktu lalu di Trans TV siang wisata kuliner tentang nasi goreng beras merah nyang rasenye gurih menghanyutkan. Ame menu nasi beras merah beriyani. Masakan india versi melayu nyang didemenin banyak orang entu. Ada lagi masakan melayu, namanye nasi dagang. Ini dari internet. Iye lah, entar dibahas semua.
Manfaat beras merah bisa buat diet nyang mau kutilang kurus tinggi langsing, semampai semeter kagak sampai…yah lebai! Bisa juga sebagai masker muka kita. Berkhasiat untuk pencegahan kanker en diabetes. Bagus juga buat makanan lansia lanjut usia.
Beras merah diyakini kaya akan anti oksidan. Mengandung zat besi nyang tinggi.
Simak ajeh disalah satu weblog begini:
JANGAN SIA-SIAKAN SISA HIDUP ANDA DIGEROGOTI OLEH PENYAKIT DEGENERATIF SEPERTI : TEKANAN DARAH TINGGI, KENCING MANIS, STROKE, GANGGUAN PENCERNAKAN, ASAM URAT, JANTUNG KORONER, OBESITAS, KANKER, DLL. PENYAKIT DEGENERATIF TIDAK BISA DIOBATI, NAMUN MASIH BISA DICEGAH.
Beras merah bisa jadi makanan buat mencegah timbulnya penyakit” Degeneratif. Karena mengandung vitamin B komplek, vitamin E, Mineral Selenium, Zeng, Kalsium, Fosfor, Asam Fenolat dan Lignan sebagai Antioksidan, kaya akan serat sehingga dapat mengatasi dan mengurangi penyakit” DEGENERATIF.
Ada juga versi blog melayu negerinye Ipin Upin ame Mat Jo: Makanan Kesihatan Beras Merah. Nasi adalah makanan ruji masyarakat di Malaysia. Tetapi, kita selalunya menggunakan beras putih. Jika anda ingin memanfaatkan lebih, cubalah menggunakan beras merah. Beras merah menggandungi sumber protein yang baik, sumber mineral seperti selenium yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sumber vitamin B yang dapat menyihatkan sel” saraf dan sistem pencernaan.
Beras merah juga mengandungi kandungan serat yang tinggi.

Beras Merah courtesy da-vinaDOTcom

Emang siy di literatur” ame di Wikipedia, kandungan vitamin en mineral beras merah 2-3 kali lebih banyak dari beras putih. Beras merah mengandung zat antikanker, kayak selenium, senyawa fitokimia (fenolat en lignan). Ada juga jenis beras hitam nyang mengandung antioksidan. Beras hitam punya kadar vitamin, mineral, en asam amino tertinggi dibanding temen”nye dari tipe beras warna lainnya.
Fungsi beras merah: mencegah asupan racun ke badan kita, juga sebagai kontribusi menjaga keseimbangan alam, trus dari sisi keekonomian rakyat: duit dari kita jatohnye ke petani lokal, jadinye menguatkan perekonomian lokal, en melestarikan benih padi lokal.
Alhasil beras merah organik lokal punya multifungsi khan!!
Beras merah/coklat berupa tepung beras dibuat dari beras pecah kulit (warna merah atau coklat) yang lebih baik untuk dikonsumsi dari pada beras giling karena lebih unggul dalam kandungan gizinya.
Sumber Wikipedia: Brown rice, medium grain, cooked. Nutritional value per 100 g (3.5 oz). Energy 110 kcal 470 kJ. Carbohydrates 23.51 g – Dietary fiber 1.8 g. Fat 0.83 g – saturated 0.165 g – monounsaturated 0.3 g – polyunsaturated 0.296 g Protein 2.32 g. Water 72.96 g. Vitamin A equiv. 0 μg 0 %. Thiamine (Vit. B1) 0.102 mg 8 %. Riboflavin (Vit. B2) 0.012 mg 1 %. Niacin (Vit. B3) 1.33 mg 9 %. Vitamin B6 0.149 mg 11 %. Folate (Vit. B9) 4 μg 1%. Vitamin B12 0 μg 0 %. Vitamin C 0 mg 0 %. Calcium 10 mg 1 %. Iron 0.53 mg 4 %. Magnesium 44 mg 12 %. Phosphorus 77 mg 11 %. Potassium 79 mg 2 %. Sodium 1 mg 0 %. Zinc 0.62 mg 6 %. Percentages are relative to US recommendations for adults. Source: USDA Nutrient.

courtesy trikdietDOTcom

Selaen sumber karbohidrat, beras juga sumber protein nyang baik. Beras pecah kulit rata” mengandung 8 % protein, kalo beras giling mengandung 7 %. Proses penyosohan (penggilingan) akan mengurangi kadar mineral sampai 72 %. Unsur mineral utama di beras pecah kulit: fosfor, kalsium, magnesium en zat besi (komponen pembentuk darah, buat membantu bayi/balita terhindar dari anemia). Penyosohan menurunkan secara drastis kadar vitamin B komplek sampai 50 % atau lebih. Vitamin B ini yang dapat menyehatkan sel-sel syaraf en system pencernaan. Beras mengandung vitamin C dan D dalam jumlah yang sangat kecil ato kagak ada sama sekali.
(BERSAMBUNG)

1 Response so far »


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: