Day 19B – Beras Merah (2)

Minggu 29 Agustus 2010, 19 Ramadhan 1431 Hijriyah. Bang Wiskul lagi doyan nulis tentang Beras Merah. Berkat kolaborasi bantuan dari tetangge”, Gadis/cewek kedokteran en Irfansyah/ahli IT. Ngubek” literatur si Gadis ame ngebrowse weblog di internet dari Mas Irfan, jadi dah. Tulisan ini panjang, dibagi 4 tulisan. Ini dia tulisan 2 dari 4 serial:

courtesy trikdietDOTcom

Beras pecah kulit punya kandungan serat tinggi, bagus buat mencegah konstipasi (pencernaan kagak lancar, nyang ini istilah si Gadis aye terjemahin sendiri…hehehe).
Ada nyang namanye Tepung Merah Wangi, jadi beras merah unggulan, pake aroma pandan nyang menggugah selera banget.
Sebagai makanan pengganti ASI, tepung ini didoyanin bayi juga. Punya kandungan mineral seperti selenium nyang dapet meningkatkan daya tahan tubuh. Ada juga jenis warna coklat, Tepung Beras Coklat ini terbuat dari beras Cianjur nyang terkenal wangi, enak en pulen… bohay dah! Tepung ini sangat aman digunakan en jarang menimbulkan alergi. Penggunaan zat besi terkandung dalem beras pecah kulit akan mudah diserap tubuh jika dikonsumsi bersamaan ame makanan nyang banyak mengandung vitamin C kayak jeruk, pepaya en laen”.
Manfaat beras Merah dibandingin ame beras putih. Warna merah dan putih (udeh kayak bendera kita ajeh nech!). Faktor” penting nyang ngebedain kedua jenis beras nasi entu dari sisi kesehatan en nilai gizinye.

Beras Merah courtesy da-vinaDOTcom

Dari segi kesehatan, ada sedikit perdebatan para ahli untuk menetapkan bahwa manfaat beras merah lebih baik daripade si putih. Beras merah/cokelat mengandung vitamin en mineral secara signifikan (ini bahasa si Gadis ye, maksudnye proporsional, gitu deh) lebih banyak dari si putih. Salah satu alasan utamanye, sebab musababnye waktu ngeproses produksi beras putih banyak nutrisi penting nyang ilang terbuang. Untuk mengkompensasi kerugian ini, banyak produsen beras ngasih enrichment beras berupa nutrisi”.
Beberapa zat gizi umumnye ditemuin di nasi cokelat kemerahan entu, termasuk vitamin E, thiamin, magnesium, vitamin B6 en serat. Selaen entu, ada sekitar selosin lebih banyak vitamin en mineral ditemuin dalem beras merah. Juga, kandungan serat beras merah jumlahnye 4 X lebih banyak daripada temennye, si putih.

hainan mixed grain rice courtesy duniafitnesDOTcom

Sehubungan ame jumlah kalori, baik nasi coklat/merah en putih sami mawon! Tapi jumlah kalori ini bervariasi sedikit dikedua jenis beras nasi ini. Misalnye 1 cangkir beras putih kalo dimasak punya sekitar 223 kalori dibandingin ama 1 cangkir beras merah punya sekitar 232 kalori. Jadi hampir mirip” ajeh kalori nye. Jumlah protein en karbohidrat per porsi kedua jenis nasi beras hampir sama ajeh.
Jadi perbedaan utama antara keduanye yaitu jumlah serat, vitamin, en mineral. Si cokelat lebih unggul ketimbang nasi beras putih.
Salah satu manfaat beras merah bisa menurunkan berat badan. Beras merah punya kadar serat nyang tinggi, entu bikin perut berasa cepet kenyang. Entu sebabnye beras merah jadi menu favorit bagi nyang mau diet buat nurunin berat badan.
Kandungan serat dalam beras merah 6 x lebih tinggi daripada beras putih. Per 100 gram nasi beras merah, terkandung 1,8 gram serat. Padahal, 100 gram nasi beras putih cuman mengandung 0,3 gram serat.
Selain efektif buat nurunin berat badan, diet banyak serat makan nasi dari beras merah bisa bikin badan lebih bugar. Sebab, diet bisa nurunin kadar lemak dalam darah, kadar gula darah, en kadar asam urat. Kalo berat badan turun otomatis tekanan darah ikut turun. Keunggulan lain beras merah terletak di kandungan asam lemak, vitamin B1 , en mineral magnesium nyang lebih sedikit. Lemak beras merah tergolong lemak esensial yang baik buat perkembangan otak. Karena itu beras merah dianjurkan diberikan pada bayi (di atas 6 bulan) en anak”. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, en mineral, beras merah dan beras putih hampir sama. Cuman, karena kadar seratnya tinggi, maka porsi makan beras merah perlu dibatasi. Tiap kali makan cukup 7 sendok nasi beras merah. Kalo makan beras merah terlalu banyak, perut jadi kagak nyaman, perut bisa terase penuh.

nasi dagang courtesy catlinaflybabyDOTwordpressDOTcom

Begitu juga penderita diabetes kudu hindarin kebanyakan konsumsi nasi beras putih, sebab bikin lonjakan kadar gula darah tubuh kite. Selain entu, siape nyang mau nurunin berat badan kudu milih nasi beras merah karena adanye jumlah kandungan serat en nutrisi lain nyang lebih tinggi ketimbang nasi beras putih.
Jadi beras merah pilihan terbaik bagi setiap orang nyang sadar kesehatan.
Penelitian laen nunjukin cara nurunin kadar Gula darah dengan mengkonsumsi Beras Merah. Nasi nyang berasal dari beras merah dan punya indeks glisemik (glycemic index/GI) nyang rendah. Indeks glisemik adalah angka nyang nunjukin potensi peningkatan glukosa darah dari makanan mengandung karbohidrat nyang kita makan. Beras merah lebih baik untuk dikonsumsi karena memiliki kulit ari atau gabah. Kagak kayak beras putih yang udeh ‘ditelanjangin’ (maksudnye nech, udeh ditelepasin kulit ari/gabahnye) jadi vitaminnye keburu hilang deh.
Udeh gitu, karbohidrat beras merah nyang kita makan, di usus kita kagak semuanye diserap jadi lemak tubuh. Entu disebabkan beras merah punya serat nyang tinggi nyang baik buat pencernaan kita.
Di banyak hasil penelitian di Amerika Serikat menyebutkan,mengkonsumsi beras merah bisa ngurangin risiko seseorang terkena diabetes.
(BERSAMBUNG)

1 Response so far »

  1. 1

    gadis said,

    Sejak kapan beralih ke bidang penelitian…… huehue… engga denk, becanda Bang. Okay Bang jadi juga terbit khan!


Comment RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: